The Monitoring Evaluation Working Group Meeting

,

8 - 8 May 2024

Go to event

Ocean Talk - Global Ocean Treaty and Commitment 30 x 30

Date: 
18 March 2023
Uploaded By: 
CTI-CFF RS

#OceanTalk_008

Setelah lebih dari satu dekade perundingan ketat, sebuah keputusan bersejarah, The Global Ocean Treaty, akhirnya disepakati dunia internasional. Ini adalah kemenangan penting bagi misi kelestarian lingkungan laut.  Kasus pencemaran, sampah plastik, IUU Fishing dan overfishing, krisis iklim, ancaman habitat dan keanekaragaman hayati laut,  menemukan momentum untuk diantisipasi secara lebih serius. 

Saat ini hanya 1,2% perairan internasional yang dikonservasi, bahkan hanya 0,8% yang dilindungi secara serius.  Untuk itu, komitmen Konservasi Laut sebesar 30%  pada tahun 2030 dapat menjadi salah satu misi strategis sekaligus  ambisius. 

Persoalannya, bagaimana agar inisiatif konservasi laut tidak dikemas secara instan dengan format ‘kejar setoran’. Dimana justifikasi luas wilayah dilakukan secara tergesa-gesa, tanpa proses yang memadai. Dan juga tidak didukung dengan kesiapan tata kelola yang baik.  Akibatnya, diatas kertas kita punya jutaan hektar kawasan konservasi laut, namun tata kelolanya tertatih-tatih. 

Sehubungan dengan hal itu, Ocean Solutions Indonesia (OSI) akan menyelenggarakan diskusi daring dengan tema:

The Global Ocean Treaty dan Komitmen 30 x 30: Bagaimana Menghindari Konservasi ‘Kejar Setoran’ 

 

Diskusi akan berlangsung pada:

 

  • Hari/tanggal: Sabtu, 18 Maret 2023
  • Waktu: 15.30-17.00 WIB

 

Demikian dan terima kasih.

 

Link pendaftaran : 

https://forms.gle/UPHtTFCN5pw3LiN69